Jamu Tradisional Beras Kencur

Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan nama saya Widya Nuraini(31) XI Ips 2,dari SMA N 1 Pamotan. Disini saya mendapatkan tugas dari mata pelajaran Sosiologi untuk membuat jamu tradisional. Saya pun memilih Jamu Beras Kencur.

Pengalaman saya dalam membuat  minuman tradisional ini adalah kali pertama dalam hidup saya. Ini pengalaman yang menyenangkan selain itu bisa menambah pengetahuan. Jamu beras kencur ini sendiri merupakan jamu yang biasa dikonsumsi oleh keluargaku sehari - hari. Mulai dari saya, adik ,ibuk ,dan bapak saya semua menyukainya. Membuat jamu sendiri dirumah ternyata tidak terlalu sulit dan bahan- bahannya pun mudah didapatkannya.

Beras kencur termasuk minuman kesehatan tradisional yang paling populer untuk dikonsumsi. Selain berkhasiat,rasanya pun nikmat menyegarkan.Beras kencur memiliki aroma yang khas.Cocok untuk mereka yang sedang mengalami masuk angun,juga dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. 



Bahan- bahan yang dibutuhkan dalam membuat jamu beras kencur :

1. 200g beras

2. 6 ruas jari kencur

3. 2 ruas jari jahe

4. 1 buah jeruk nipis

5. 250g gula merah

6. 1 sdm gula pasir

7. 1 sdm asam jawa

8. Sejumput garam

9. 1900 ml air

Cara membuat:

1. Pertama untuk berasnya dicuci bersih.Setelah itu direndam dengan air matang selama kurang lebih 1 jam.Lalu  tiriskan.

2. Jahe dan kencurnya diiris tipis-tipis.

3. Setelah itu merebus 1900 ml air lalu tambahkan 250g gula merah,1 sdm makan gula pasir,masukkan irisan jahe dan kencur.Tambahkan juga asam jawa lalu diaduk hingga tercampur rata. Masak sampai gulanya larut dan airnya mendidih.

4.Setelah airnya mendidih tambahkan sejumput garam. Aduk hingga garamnya tercampur rata. Kemudian saring(irisan jahe dan kencur jangan dibuang).

5. Siapkan jeruk nipis .Campurkan perasan jeruk nipis ke air rebusan gula tadi.

6. Setelah itu siapkan blender,masukkan beras ,kemudian irisan jahe kencur tadi.

7. Tuang air rebusan gula supaya gampang untuk diblender.

8. Blender sampai halus semua. Setelah itu campurkan rebusan air gula tadi.

9. Setelah itu saring dan siap dihidangkan.


Sekian blog dari saya guys,sampai ketemu di blog berikutnya...see youu✋✋


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Les Privat "EduXcel"

URAP SAYURAN KELUARGA IBU WARSINI